Materi Pameran Pembangunan Provinsi Bali

 

Pelayanan Online

Dalam rangka memudahkan akses pelayanan kepada masyarakat serta implementasi Denpasar Smart City Pemerintah Kota Denpasar konsen membangun dan menyediakan layanan-layanan online berbasis website dan aplikasi mobile. Hal ini memudahkan masyarakat mengakses layanan pemerintah kapan dan dimanapun. Beberapa inovasi tersebut di antaranya yaitu:

  1. Aplikasi Pelayanan Rakyat Online (PRO Denpasar+). Melalui aplikasi ini masyarakat dipermudah dalam menyampaikan pengaduan dan keluhan seputar masalah perkotaan. Adapun pengaduan tersebut secara langsung dapat diketahui oleh pimpinan instansi yag menangani, sehingga setiap pengaduan dapat segera ditindak.
  2. Aplikasi Sistem Informasi Perijinan Online (SIPON). Aplikasi ini sebagai media informasi bagi masyarakat, dunia usaha, maupun daerah – daerah lain yan ingin berbagi pengalaman dan mengetahui lebih lanjut tentang pelayanan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Kota Denpasar, juga sebagai bahan evaluasi untuk menuju pelayanan perijinan yang baik sesuai dengan keinginan masyarakat.
  3. Aplikasi Antrean Pendaftaran Online Disdukcapil (AKUWARAS). Sejak November 2018 Dinas Dukcapil Kota Denpasar menyediakn sistem antrian online yang dapat diakses masyarakat yang ingin mengurus dokumen-dokumen kependudukan. Aplikasi ini bermanfaat mengurangi antrian panjang di kantor, dan masyarakat dapat mengatur waktunya lebih efektif karena sudah terdapat informasi nomor antrian dan perkiraan waktunya.
  4. Aplikasi Informasi Layanan Langganan PDAM Kota Denpasar (My Ilalang). Dengan adanya aplikasi My Ilalang memberikan kemudahan layanan bagi pelanggan dan masyarakat dalam satu genggaman pelayanan berupa pendaftaran sambungan baru, pengaduan/keluhan, pelaporan stan  meter air, informasi tagihan dan informasi gangguan.
  5. Aplikasi Informasi Pajak Bumi dan Bangunan (I-PBB)I-PBB hadir mewujudkan layanan PBB yang mudah, cepat dan sistematis, serta bebas biaya. Aplikasi ini memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan secara online tanpa harus datang ke Kantor Badan Pendapatan Kota Denpasar.

 

SIDARLING

Dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan bebas dari sampah plastic, Pemkot juga membangun aplikasi Sidarling atau Sistem Informasi Sadar Lingkungan. Aplikasi bank sampah terintegrasi yang memudahkan masyarakat mengumpulkan sampah anorganik yang dimiliki ke bank sampah terdekat, serta meningkatkan peran masyarakat dalam pengelolaan lingkungan khususnya terkait sampah.

 

Denpasar Ceria (Curhat dan Cerita Kita)

Layanan ini dikelola oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Denpasar yang diluncurkan menggunakan mobil konseling Denpasar Ceria, merupakan salah satu program inovasi PKK Kota Denpasar. Layanan dapat dimanfatkan masyarakat sebagai pelayanan konsultasi berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat (anak-anak, dewasa hingga lansia) dengan konselor-konselor yang sudah berpengalaman.

 

Rumah Berdaya

Program pemberdayaan ODGJ (Orang dengan Gangguan Jiwa) ini berada di bawah naungan Dinas Sosial Kota Denpasar sejak tahun 2016. Tujuan utamanya adalah memberdayakan ODGJ agar tidak lagi terdapat stigma negatif dari masyarakat, yang nantinya bisa membentuk sikap mandiri, percaya diri dan menghasilkan.

 

Sinovik

Tahun 2019 dua inovasi Kota Denpasar berhasil lolos sebagai TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik Kementerian PAN-RB, yaitu Senyum Melia di Tubin (Sungai Elok, Nyaman untuk Masyarakat dengan Menjaga Lingkungan dan Alam di Sungai/Tukad Bindu) serta Damakesmas (Denpasar Mantap Kesehatan Masyarakat).

Senyum Melia di Tubin merupakan program inovasi berupa revitalisasi sungai dan kawasan sekitar sungai agar bebas dari sampah dan kini mampu dikembangkan menjadi tempat rekreasi untuk masyarakat. Sedangkan Damakesmas merupakan layanan kesehatan yang menyediakan akses pelayanan kesehatan kegawatdaruratan serta pelayanan kesehatan jemput bola melalui layanan SPGDTS dan Perkesmas.

 

I Dewa Made Agung, SE, M.Si


24

Feb

Ni komang ferry yuliana

Bakar sampah


24

Feb

I Gde Sucahya Jaya

Lampu penerangan jalan




Apakah Informasi yang tersaji pada Website Dinas Komunikasi & Informatika Kota Denpasar, bermanfaat bagi Anda?