SIDARLING, Rubah Sampah Jadi Berkah

SIDARLING: RUBAH SAMPAH JADI BERKAH

#SiDarling, Bahagia Mencinta Bumi!

Komitmen Pemerintah Kota Denpasar dalam menjaga lingkungan yang tetap bersih dan lestari terutama bebas sampah plastik terbukti melalui berbagai kebijakan dan program yang dilaksanakan. Sejak 1 Januari 2019, melalui Perwali no 36 tahun 2018 Pemkot mengajak seluruh masyarakat, instansi pemerintah dan para pelaku usaha di Kota Denpasar untuk mengurangi sampah plastik dengan tidak menggunakan bahan-bahan plastik sekali pakai. Langkah tersebut bahkan berhasil mengurangi jumlah sampah plastik hingga 99%.

Untuk semakin menumbuhkan kesadaran dan keinginan masyrakat turut serta mengatasi permasalahan sampah plastik, Pemkot Denpasar membuat sebuah program cemerlang mengubah sampah menjadi berkah, SiDarling (Sistem Sadar dan Peduli Lingkungan). Ini merupakan program bank sampah terintegrasi, yang memberikan keuntungan dan manfaat untuk masyarakat,

 

Program berbasis website dan aplikasi ini memudahkan segala informasi terkait bank sampah karena dapat diakses secara online. Program ini juga memudahkan pencatatan data pada bank sampah.  Setiap nasabah bank sampah akan langsung didaftarkan untuk memiliki akun pada aplikasi ini. Ketika menukarkan sampah plastik ke bank sampah nasabah akan mendapatkan saldo berupa uang tabungan. Saldo tersebut juga akan diinput pada aplikasi jadi nasabah dapat mengecek secara online.

Tidak hanya mendapatkan saldo, pada setiap penukaran sampah nasabah juga akan mendapatkan point untuk diakumulasikan dan dapat ditukarkan dengan berbagai reward menarik. Reward terbeut dapat berupa prioritas layanan pemerintah, diskon di beberapa outlet yang bekerja sama dengan Pemkot Denpasar seperti toko buku, restaurant, butik dan lain-lain.

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan berbagai kemudahan dan keuntungan program SiDarling, dapat mendaftarkan diri pada bank sampah terdekat di lokasi tempat tinggal dengan membawa KTP dan KK. Aplikasi SiDarling dapat diunduh melalui Play Store maupun App Store. Nasabah dapat login ada aplikasi dengan menggunakan username dan password yang diberikan oleh petugas sampah.

 

CARA MENDAFTAR

 

REWARD

 

I Dewa Made Agung, SE, M.Si


24

Feb

Ni komang ferry yuliana

Bakar sampah


24

Feb

I Gde Sucahya Jaya

Lampu penerangan jalan




Apakah Informasi yang tersaji pada Website Dinas Komunikasi & Informatika Kota Denpasar, bermanfaat bagi Anda?